oleh
-Militer-668 views

Amanat Pangdam I/BB Pada Upacara Pembukaan Latihan Pratugas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti Dalam Rangka Operasi Perbantuan Kepada Pemerintah Daerah Papua Barat TA 2022

Pematangsiantar,(27/01/2022)
Danrindam I/BB Kolonel Inf Budhi Utomo, S.I.P. selaku Wadanlat Pimpin Acara Upacara pembukaan Latihan Pratugas Yonif Raider khusus 136/Tuah Sakti dalam rangka Operasi perbantuan kepada Pemerintah Daerah Papua Barat di lapangan Mako Yonif Raider khusus 136/Tuah Sakti Batam.Dalam amanat Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Hassanudin, S.I.P., M.M. Selaku Komandan Latihan yang dibacakan oleh Danrindam I/BB “ Tujuan latihan Pratugas ini untuk menguji kesiapan satgas agar mampu menguasai serta mahir mengaplikasikan materi Teritorial, materi pendukung, Intelijen, prosedur hukum dan prosedur komplek TNI pada pelaksanaan operasi perbantuan kepada Pemerintah Daerah Papua Barat TA 2022.Perlu kita ketahui bersama pola Operasi di Papua Barat yang semula adalah Operasi pengamanan Daerah rawan dirubah menjadi Operasi perbantuan kepada Pemerintah Daerah Papua Barat dengan pertimbangan, tidak adanya legitimasi undang undang tentang Operasi pengamanan Daerah rawan dihadapkan tugas pokok TNI dalam Undang undang No. 34 tahun 2004, Operasi perbantuan TNI kepada Pemerintah Daerah Papua Barat sesuai dengan undang undang No. 35 tahun 2011 dengan prinsip Legitimasi batas waktu keterpaduan semua instansi dan Kodal, Belum optimalnya pelaksanaan tugas sebelumnya yang dinilai belum mendapatkan simpati dari masyarakat dan Dunia sehingga Kelompok separatis Teroris Papua semakin Center Op Gravity dalam melaksanakan tugas melalui Operasi Teritorial.Diakhir Pengarahan Pangdam I/BB menyampaikan beberapa penekanan kepada peserta latihan dan penyelenggara dalam pelaksanaan latihan sbb:
– Agar dijelaskan kepada pelaku Latihan tentang histori peralihan tugas Pamrawan menjadi Operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah sehingga pelaku latihan paham perbedaan dari tugas tersebut.

– Latihan secara Aplikasi bagai mana apabila menghadapi penyerangan personil, Pos TNI, perusakan terhadap fasilitas umum dan pengibaran Bendera Bintang Kejora dihadapkan dengan kejadian hal-hal menonjol pada evaluasi tahun 2021.

– Sosialisasikan kepada pelaku Latihan siapa saja yang menjadi tokoh-tokoh Kelompok Separatis Taroris papua yang berada di Papua Barat.

– Latihkan bagai mana menciptakan Kolaborasi dengan unsur-unsur terkait baik Polri, Pemerintah Daerah dan Tokoh Masyarakat dalam setiap kegiatan.

– Bulsi agar aktif dalam pelaksanaan Latihan sehingga melatih Naluri Prajurit untuk tetap siaga dan waspada dalam kondisi apapun.– Tekankan kembali tentang protap-protap Operasi terutama Protap keamanan dalam semua Latihan, selalu berdoa semoga selama pelaksanaan Latihan berjalan lancar dan aman serta pedomani Protokol Kesehatan semoga Tuhan yang maha pengasih dan maha Penyayang senantiasa memberikan kekuatan dan Lindungan-nya kepada kita semua dalam melaksanakan rangkaian latihan Pratugas ini .

Turut hadir dalam acara tersebut Pendukung, Palatih dan peserta latihan (Tim Rindam).

Jangan Lewatkan

News Feed