oleh
-Militer-71 views

Upacara Pembukaan Latihan Taktis Tingkat Kompi Tempur Pada Proglatsiapops Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti TA 2022

Pematang Siantar,(09/08/2022)

Kabaglat Rindam I/BB Kolonel Inf Herwin Rizayan Iszal, S.I.P., M.Si. Pimpin Upacara Pembukaan Latihan Taktis Tingkat Kompi Tempur Pada Proglatsiapops Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti TA 2022 di Lapangan Mako Yonif 133/Yudha Sakti Padang Sumatera Barat.Dalam amanat Danrindam I/BB Kolonel Inf Budhi Utomo, S.I.P. Puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang maha Kuasa, karena atas rahmat dan ridho-nya kita dapat menghadiri Upacara pembukaan Latihan Taktis Tingkat Kompi Tempur pada Proglatsiapops Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti Tahun Anggaran 2022 dalam keadaan sehat wal’afiat.Tujuan Latihan Taktis Tingkat Kompi Tempur pada Proglatsiapops Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Taktis Tempur Tingkat Kompi Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti yang akan melaksanakan tugas operasi nantinya, dengan latihan Taktis Tingkat Kompi Tempur pada Proglatsiapops ini, diharapkan peserta latihan memahami dan mampu mengaplikasikan seluruh materi latihan yang diberikan dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tempur satuan setingkat Kompi serta mampu menerapkannya di daerah penugasan. Untuk bidang Materi yang akan dilatihkan meliputi :Pertama, Materi hukum dilatihkan dengan tujuan agar prajurit memahami dan mampu mengaplikasikan materi hukum serta menerapkan aturan sesuai SOP yang berlaku dan tidak ada yang melakukan pelanggaran.

Kedua, Materi teritorial dilatihkan dengan tujuan agar prajurit memahami dan mampu mengaplikasikan materi teritorial dalam merebut hati rakyat, cepat menyesuaikan diri terhadap lingkungan bertugas serta dapat dicintai oleh masyarakat di daerah penugasan.

Ketiga, Materi intelijen dengan tujuan agar prajurit memahami dan mampu mengaplikasikan materi intelijen untuk meningkatkan kepekaan terhadap situasi dan kondisi yang berkembang di daerah operasi.

Keempat, Materi tempur dengan tujuan agar prajurit memahami dan mampu mengaplikasikan materi tempur dengan menerapkan taktik bertempur tingkat Kompi diharapkan dengan ancaman yang ada di daerah operasi.

Kelima, Materi komunikasi elektronika dengan tujuan agar prajurit memahami dan mampu mengaplikasikan materi komunikasi elektronika pada prosedur dan menggelar komunikasi TNI, pengamanan komplek, protap, instap dan insops komplek TNI di daerah operasi. materi-materi tersebut nantinya akan diberikan kepada kalian dengan metode drill taktis dan drill tempur, dengan harapan kalian dapat menguasai dan mahir menerapkannya dengan baik di daerah penugasan nantinya, saya yakin, dengan dilandasi semangat, disiplin dan moril yang tinggi untuk melaksanakan latihan maka latihan ini dapat berjalan dengan baik dan mancapai sasaran secara maksimal.Diakhir amanat Danrindam I/BB disampaikan beberapa penekanan yang harus dilaksanakan oleh pelaku maupun penyelenggara latihan Sbb :

– Laksanakan latihan ini secara serius,semangat,tertib dan disiplin.

– Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan dengan baik agar dapat mengikuti latihan sampai dengan akhir pelaksanaan latihan.

– Ikuti semua aturan dan petunjuk yang sudah diberikan oleh penyelenggara latihan, agar maksud, tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai secara optimal.

– Hindari terjadinya pelanggaran serta perhatikan faktor keamanan terhadap personel, materiil maupun kegiatan sebelum selama dan sesudah latihan.

– Pedomani dan laksanakan protokol kesehatan Covid-19 selama kegiatan latihan dan laporkan apabila ada kendala atau gangguan kesehatan selama latihan berlangsung.

– Diharapkan untuk penyelenggara latihan, tumbuhkan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta latihan, sehingga latihan dapat terlaksana dengan baik dan benar sesuai harapan.

– Ciptakan mekanisme latihan yang relevan dan realistis, sehingga peserta latihan memiliki gambaran untuk menguasai dan mahir menyerap materi yang dilatihkan dihadapkan kepada situasi di daerah operasi yang sesungguhnya.

– Laksanakan pengawasan secara melekat dan jangan ragu untuk mengulangi kembali kegitan yang salah selama latihan berlangsung.

– Pedomani dan laksanakan protokol kesehatan Covid-19 selama kegiatan latihan dan laporkan apabila ada kendala atau gangguan kesehatan selama latihan berlangsung.

– Catat dan sampaikan hal-hal yang menonjol selama pelaksanaan latihan, adakan kaji ulang dan evaluasi selama latihan berlangsung dan jadikan gambaran untuk kegiatan latihan berikutnya semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang senantiasa meberikan bimbingan dan petunjuk-nya kepada kita semua dalam menyelesaikan rangkaian kegiatan latihan dengan lancar dan optimal.Turut hadir dalam acara tersebut Danyonif 133/Yudha Sakti, Para Peserta latihan, pendukung dan pelatih Rindam I/BB. (Tim Rindam)

News Feed