Upacara Bendera 17 November Tahun 2022

Militer864 views

Pematang Siantar,(17/11/2022)

Danrindam I/BB Kolonel Inf Budhi Utomo, S.I.P. Pimpin Upacara Bendera 17 November Tahun 2022 di Lapangan Jenderal Soedirman Rindam I/BB.Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman. yang disampaikan oleh Danrindam I/BB ,’’ Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Besar, karena atas rahmat dan karunia-nya kita masih diberikan kesempatan untuk mengawali pengabdian kepada Bangsa dan Negara melalui Upacara Bendera 17-an , dalam keadaan sehat wal’afiat.Kepala Staf Angkatan Darat menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam I/BB yang telah memberikan Darma Bhakti terbaiknya pada Bangsa dan Negara, di tengah tantangan tugas yang tidak semangkin ringan, para prajurit dan PNS masih tetap dapat menjaga soliditas, kerjasama dan semangat pantang menyerah dalam melaksanakan tugas-tugasnya.Saya juga mengapresiasi dan merasa bangga kepada seluruh prajurit TNI AD yang terlibat dalam Pengamanan dan mendukung pelaksanaan KTT G-20 yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 15 -16 November 2022 kemarin, telah berjalan sukses dan lancar. Bangsa kita memiliki kemampuan sebagai tuan rumah yang baik untuk melaksanakan EVENT – EVENT Internasional dan pertemuan penting.Memasuki akhir semester kedua TA 2022, Saya perlu mengingatkan kepada para pejabat pembuat komitmen (PPK) untuk mengecek kembali program-program yg sudah dijalankan, sudah seberapa besar penyerapan anggaran yang dipertanggungjawabkan, agar di akhir tahun tidak ada anggaran yang tidak terserap, karena keteledoran atau kesalahan administrasi,
TNI AD harus makin memantapkan kerja dan kinerja yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, serta bertanggung jawab.Diakhir amanat Kepala Staf Angkatan Darat menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab serta bentuk kepedulian TNI AD sebagai dari komponen bangsa, antara lain sbb :

– Perlu mewaspadai terjadinya fenomena bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung, serta bencana alam lainya yang terjadi akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi disertai badai dan angin topan, tingkatkan koordinasi dan sinergi dengan komponen Bangsa lainnya untuk melakukan antisipasi dan mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

– TNI AD telah mencanangkan beberapa program unggulan dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti, program ketahanan pangan, TNI AD manunggal air, penanganan stunting dan kesehatan, rehabilitasi Rumah tidak layak huni (RTLH), serta program terbaru Babinsa Masuk Dapur. Semua program tersebut sangat mulia bila kita laksanakan dengan sungguh-sungguh dengan kemampuan yg kita miliki, Manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat. Hal ini juga menjadi Implementasi dari salah satu 7 Perintah Harian Kasad yaitu, ‘’TNI AD HARUS HADIR DI TENGAH KESULITAN RAKYAT, SERTA MAMPU MEMBERIKAN SOLUSI TERBAIK’’.

– Pandemi Covid-19 masih belum berakhir dan di Negara kita ada kecenderungan kasusnya kembali meningkat, setelah munculnya subvarian baru Covid-19 yg disebut XBB, Kondisi ini menunjukan bahwa kita belum sepenuhnya aman terhadap penyebaran Covid-19, tetap waspada dan menjaga kesehatan dengan baik. membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi sosial.

– Tahapan pemilu serentak tahun 2024 sudah berjalan. dinamika politik untuk menyongsong pesta demokrasi telah diawali dengan pendaftaran dan penetapan sejumlah partai politik yang telah dinyatakan lolos administrasi dan verifikasi faktual, beberapa partai politik sudah mulai mendeklarasikan dan mendukung para calon Presiden dan Wakil Presiden yang siap diusungnya. Sesuai amanat undang-undang Republik Indonesia nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, menyatakan TNI harus bersikap netral dan tidak terlbat politik praktis, tugas kita hanya membantu pemerintah agar rangkaian dan tahapan pemilu berjalan aman dan lancar, dilanjutkan dengan Deville.Turut hadir dalam Upacara tersebut, Wadan Rindam I/BB, para Distribusi A & B, Rindam I/BB , para Kasi Rindam I/BB, Prajurit dan PNS serta para siswa Rindam I/BB.(Tim Rindam