Upacara Pembukaan Pendidikan Kejuruan Bintara Infanteri Abit Dikmaba TNI AD TA 2022 (Lintas Tahun)

Militer656 views

(Pematang, 16/02/2023)

Danrindam I/BB Kolonel Inf Budhi Utomo, S.I.P. Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Kejuruan Bintara Infanteri Abit Dikmaba TNI AD TA 2022 (Lintas Tahun) dilapangan Tenis Indoor A.H. Nasution Rindam I/BB. Dalam Amanat Danpussenif Kodiklatad Mayor Jenderal TNI Dr. Anton Nugroho, M.M.D.,M.A. yang disampaikan oleh Danrindam I/BB, ‘’Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-nya pada hari ini kita dapat melaksanakan upacara pembukaan Dikjurbaif Abit Dikmaba TNI AD TA 2022 (Lintas Tahun) dalam keadaan sehat wal’afiat, selaku Komandan Pussenif saya mengucapkan selamat datang di Dodiklatpur Rindam jajaran TNI AD.

Pendidikan kejuruan Bintara Infanteri ini merupakan kelanjutan dari kurikulum Dikmaba TNI AD yang telah kalian lalui sebelumnya, tujuan dari pendidikan ini sesuai dengan kurikulum pendidikan adalah untuk menjadikan personel Bintara kecabangan Infanteri yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pelaksana sesuai SJM tingkat kecakapan-5 dan menjadikan personel Bintara kecabangan Infanteri yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit yang berlandaskan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI serta memiliki kondisi Jasmani yang Prima.

Perlu diketahui juga bahwa pendidikan kejuruan Bintara Infanteri ini akan difokuskan pada penguasaan materi-materi ke-Infanteri-an dimana profil lulusan yang akan dicapai pada pendidikan ini adalah, sebagai pemimpin pada satuan setingkat regu, sebagai peninjau depan dan juga sebagai pengukur jarak dalam rangka mendukung tugas satuan Infanteri, pengetahuan dan keterampilan ini merupakan pengetahuan dasar kecabangan Infanteri yang wajib kalian miliki, oleh karenanya, siapkan diri kalian dengan sebaik-baiknya, sehingga ilmu yang diberikan nantinya akan dapat membekali kalian dalam mendukung tugas-tugas di satuanmu.Diakhir amanat Danpussenif Kodiklatad menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan sbb:

– Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam berfikir, bersikap dan bertindak dari setiap tugas yang dihadapi.

– Konsentrasikan hati dan pikiran kalian pada tugas pendidikan ini dengan cara membangun motivasi belajar dan berlatih sehingga seluruh ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh Gumil/Pelatih dapat diterima dan diserap dengan baik.

– Pelihara dan jaga kesehatan dirimu, agar proses belajar dan berlatih ini dapat dilaksanakan dengan baik.

– Yakini dirimu bahwa kalian dapat menyelesaikan pendidikan ini, karena kalian merupakan pemuda-pemuda pilihan Bangsa Indonesia.

– Gunakan kesempatan yang baik ini untuk membangun silahturahmi dan komunikasi diantara kalian, karena terlepas dari pendidikan ini kalian akan menjadi rekan kerja yang disebar di seluruh satuan Infanteri TNI AD.Danpussenif Kodiklatad menyerahkan , para Bintara siswa ini kepada Danrindam,para Gadik dan Pelatih untuk dididik, digembleng dan dilatih menjadi prajurit-prajurit Infanteri yang tangguh, militan dan profesional, sebagai mana tujuan dan sasaran pendidikan yang akan dicapai, selanjutnya kepada para Bintara Siswa saya ucapkan “Selamat Belajar Dan Berlatih”, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk,bimbingan, dan lindungan-nya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara.Acara selanjutnya Danrindam I/BB memberikan arahan kepada para Bintara siswa yang berjumlah 38 orang dilapangan Tenis Indoor A.H. Nasution Rindam I/BB.

Turut hadir dalam upacara tersebut para Distribusi A & B Rindam I/BB, para Kasi Rindam I/BB, Personel Rindam I/BB, pelatih dan pendukung.(Tim Rindam)