Upacara Penutupan Pendidikan Kejuruan Tamtama Infanteri Abit Dikmata TNI AD Gelombang II TA 2022

Militer554 views

Pematangsiantar,(20/07/2023)
Danrindam I/BB Kolonel Inf Charles B.P.Sagala S.H.,M.I.P. Pimpin Upacara Penutupan Pendidikan Tamtama Infanteri Abit Dikmata TNI AD Gelombang II TA 2022 di Lapangan K.H.Zainul Arifin Dodiklatpur Rindam I/BB.

Dalam amanat Danpussenif Letnan Jenderal TNI Dr. Anton Nugroho, M.M.D.S., M.A. yang di sampaikan oleh Danrindam I/BB, ” Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, maka pada hari ini kita dapat melaksanakan upacara penutupan pendidikan kejuruan tamtama infanteri abit dikmata TNI AD gel II TA 2022 dalam keadaan sehat wal”afiat.

Dalam kesempatan ini, selaku Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri saya mengucapkan “SELAMAT DAN SUKSES” kepada para tamtama siswa yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan kejuruan tamtama infanteri abit dikmata TNI AD gelombang II TA 2022 ini dengan baik. Kita ketahui bersama bahwa visi dari penyelenggaraan pendidikan ini adalah untuk mewujudkan program studi pendidikan kejuruan tamtama infanteri abit dikmata TNI AD yang unggul dalam rangka mengembangkan kemampuan prajurit infanteri yang handal, profesional dan proporsional. Dengan demikian, profil lulusan pendidikan yang harus dicapai sebagaimana dijelaskan dalam kurikulum pendidikan ini adalah menjadikan lulusan pendidikan kejuruan tamtama infanteri abit dikmata TNI AD potensial untuk diarahkan dalam jabatan penembak senapan dan operator/pelayan munisi di satuan infanteri TNI AD.

Perlu kalian ketahui bahwa, menjadi seorang prajurit infanteri sebagai bagian dari alat pertahanan negara itu merupakan suatu kehormatan dan profesi yang mulia. Oleh karenanya, kenalilah jati dirimu sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional dengan selalu berpegang teguh pada sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI dimanapun kalian berada.

Pendidikan yang baru selesai kalian tempuh ini merupakan tahap awal dalam membekali kalian sebagai prajurit infanteri masih banyak lagi hal-hal lain yang harus kalian gali dan mungkin tidak kalian dapatkan pada pendidikan ini namun akan kalian jumpai nanti saat di satuanmu, oleh kerenanya teruslah belajar dan berlatih dalam mewujudkan profesionalisme prajurit. Ingat, bahwa sampai saat ini masih terdapat beberapa wilayah Indonesia yang tidak dalam kondisi yang baik baik saja sehingga hal ini memungkinkan sebagian dari kalian bisa saja langsung ditugaskan pada daerah tersebut. Sekali lagi kuasai dan pahami betul semua ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah kalian terima untuk mendukung penugasanmu disatuan.

Diakhir amanat Danpussenif menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan dalam mendukung kelancaran tugas disatuan sebagai berikut :

Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dalam berpikir, bersikap dan bertindak dari setiap tugas yang kalian hadapi.
Kedua, Terus tingkatkan profesionalisme prajurit, melalui budaya belajar dan berlatih serta tetap mengutamakan factor keamanan di dalam setiap bentuk penugasan yang ada.
Ketiga, Pelihara dan jalinlah hubungan komunikasi silaturahmi diantara kalian sebagai seorang saudara dan rekan seperjuangan, terlepas dari pendidikan ini kalian akan disebar di seluruh satuan infanteri TNI AD.
Keempat, Jaga nama baik korps infanteri, satuan dan almamatermu dimanapun berada.Acara dilanjutkan pengarahan oleh Danrindam I/BB kepada mantan Tamtama Siswa yang berjumlah 118 Orang di lapangan K.H.Zainul Arifin Dodiklatpur Rindam I/BB.

Turut hadir dalam Upacara tersebut Wadanrindam I/BB, Ketua Persit KCK Cab X dan Pengurus, Distribusi A & B Rindam I/BB,Pedukung dan Pelatih Rindam I/BB.(Tim Rindam)