Acara Pembukaan Latihan Penyiapan Pratugas Satgas Pengamanan Perbatasan Darat RI- RDTL Yonkav 6/NK TA 2023

Militer407 views

Asam Kumbang, (11/07/2023)

Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI A. Daniel Chardin, S.E., M.Si. Memberikan Jam Pimpinan pada acara pembukaan latihan penyiapan pratugas satgas pamtas darat RI-RDTL Yonkav 6/NK TA 2023 di Markas Batalyon Kavaleri 6/ Naga Karimata.
Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI A. Daniel Chardin, S.E., M.Si, menyampaikan sebagai insan hamba Tuhan yang beriman dan bertakwa, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kekuatan baik lahir maupun batin sehingga dapat hadir di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat untuk melaksanakan pembukaan latihan penyiapan pratugas satgas pamtas darat RI-RDTL Yonkav 6/NK TA 2023.Tujuan latihan penyiapan pratugas satgas pamtas darat RI-RDTL di wilayah Provinsi NTT Yonkav 6/NK Tahun 2023 ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tempur satuan Yonkav 6/NK yang akan melaksanakan operasi satgas pamtas darat RI-RDTL di wilayah NTT secara berhasil dan berdaya guna. Dengan latihan penyiapan pratugas satgas pamtas Darat RI-RDTL Yonkav 6/NK tahun 2023 ini diharapkan peserta latihan menguasai dan mahir mengaplikasikan seluruh materi latihan yang diberikan sehingga meningkatkan pengetahuan dan mempermahir kemampuan tempur satuan serta dapat menerapkan di daerah penugasan. Perlu saya sampaikan materi latihan yang akan dilatihkan meliputi :
Pertama, Materi Hukum dilatihkan dengan tujuan agar prajurit melaksanakan aturas sesuai SOP yang berlaku dan tidak ada yang melakukan pelanggaran.
Kedua, Materi Teritorial dilatihkan dengan tujuan agar prajurit dapat menguasai dan mahir dalam merebut hati rakyat, cepat menyesuaikan diri terhadap lingkungan bertugas serta dapat dibanggakan di daerah penugasan.
Ketiga, Materi Intelijen dengan tujuan agar prajurit dapat menguasai dan mahir untuk meningkatkan kepekaan terhadap situasi dan kondisi yang berkembang.
Keempat, Materi Tempur dengan tujuan agar prajurit dapat menguasai dan mahir dalam taktik dan teknik tempur serta meningkatkan naluri termpur dihadapkan kepada situasi dan kondisi yang ada di daerah penugasan.

Materi- materi tersebut akan diberikan kepada prajurit yang melaksanakan latihan penyiapan pratugas satgas pamtas darat RI-RDTL Yonkav 6/NK TA 2023 sesuai dengan mekanisme latihan yang sudah di rencanakan dengan harapan prajurit dapat menguasai dan mahir mengaplikasikannya dengan baik di daerah penugasan. Rindam I/BB selaku penyeleggara dalam hal ini sudah menyiapkan medan latihan yang ditinjau dan mendekati sesuai dengan daerah penugasan yang sebenarnya dengan tujuan tercipta realisme latihan sesuai yang di harapkan. Disamping itu sebagian besar pelatih yang di tunjuk sesuai surat perintah merupakan prajurit TNI AD yang memiliki kemampuan dan pengalaman di medan operasi sebelumnya, sehingga dalam pemberian materi akan lebih tepat pada maksud dan tujuan latihan sesuai sasaran yang di harapkan. Saya yakin dengan dilandasi semangat, disiplin dan moril yang tinggi untuk melaksanakan latihan dengan sungguh sungguh dan bertanggung jawab, maka latihan ini dapat memberikan hasil yang maksimal sehingga dapat melaksanakan tugas operasi kedepan dengan baik.

Dakhir amanat Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI A. Daniel Chardin S.E., M.Si. menyampaikan penekanan kepada peserta latihan penyiapan pratugas satgas pamtas darat RI-RDTL Yonkav 6/NK TA 2023 sebagai berikut :
Pertama, Laksanakan latihan ini secara serius, semangat, tertib dan disiplin.
Kedua, Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan dengan baik agar dapat mengikuti latihan penyiapan pratugas satgas Yonkav 6/NK sampai dengan akhir pelaksanaan latihan.Keempat, Hindari terjadinya segala bentuk pelanggaran serta perhatikan factor keamanan terhadap personel, materil maupun kegiatan sebelum, selama dan sesudah latihan.
Kemudian kepada penyelenggara latihan penyiapan pratugas satgas pamtas darat RI-RDTL Yonkav 6/NK Pangdam berpesan agar menumbuhkan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta latihan, sehingga latihan dapat terlaksana dengan baik dan benar sesuai harapan. Ciptakan mekanisme latihan yang relevan dan realistis, sehingga peserta latihan memiliki gambaran untuk menguasai dan mahir menyerap materi yang dilatihkan dihadapkan kepada situasi operasi di daerah yang sesungguhnya. Laksanakan pengawasan secara melekat dan jangan ragu untuk mengulangi kembali kegiatan yang salah selama latihan berlangsung, sehingga hasil latihan dapat mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan. Serta catat dan sampaikan hal-hal yang yang menonjol selama pelaksanaan latihan, adakan kaji ulang dan evaluasi selama latihan berlangsung dan jadikan gambaran untuk kegiatan latihan berikutnya.Turut hadir dalam acara tersebuat Komandan Rindam I/BB ( selaku Wadanlat ), para Asisten Kasdam I/BB, Pelatih dan pendukung serta Peserta latihan penyiapan pratugas satgas pamtas darat RI-RDTL Yonkav 6/NK (Tim Rindam)